Harga Musang – Saat ini hewan peliharaan dirumah tidak hanya sebatas kucing atau anjing saja. Para penggemar binatang eksotik juga banyak yang melirik musang sebagai salah satu hewan peliharaan. Ini dibuktikkan dari semakin banyaknya komunitas pecinta musang di beberapa wilayah.

Musang Hewan Peliharaan

Meskipun tidak bernilai komersial yang tinggi seperti hewan peliharaan lainnya, namun memelihara Musang cukup menyenangkan. Jika dipelihara hingga tumbuh besar atau obesitas, harga jualnya bisa 3-4 kali lipat dari semula. Apalagi jika Anda memiliki musang dengan karakter unik seperti albino atau musang ekor putih, harga jualnya lebih tinggi dibanding musang biasa.

5 Jenis Musang Terbaik dan Harganya

Sebenarnya ada lebih dari 13 jenis musang di Indonesia. Namun hanya beberapa saja yang menjadi favorit untuk dipelihara para penggemar musang. Beberapa jenis musang yang paling banyak diminati antara lain:

1. Musang Pandan

Jenis musang ini menduduki peringkat pertama jenis Musang di Indonesia yang paling banyak dipelihara. Tidak hanya untuk kepentingan hobi saja, Musang Pandan adalah jenis musang penghasil biji kopi sehingga banyak dipelihara untuk kepentingan komersial. Dinamakan “panda” karena musang ini memiliki aroma tubuh menyerupai daun pandan. Musang ini memiliki warna bulu abu-abu sedikit kecoklatan. Harga Musang Pandan berkisar Rp 300.000 – Rp 350.000 tergantung dari kondisi dan kualitasnya. Untuk Musang Pandan berekor putih, harga jualnya bisa mencapai Rp 1.000.000.

2. Musang Rase

Musang Rase adalah jenis musang karnivora yang memiliki panjang tubuh 54-63 cm dengan panjang ekor 30-43 cm. Musang Rase banyak diminati karena memiliki warna bulu tubuh yang belang-belang hitam dan putih. Berbeda dengan jenis musang lain, Musang Rase lebih menyukai makanan seperti serangga dan tikus ketimbang buah-buahan. Untuk ukuran standar, harga Musang Rase berkisar Rp 150.000 hingga Rp 350.000. Ini adalah kategori harga termurah. Musang Rase dengan kualitas premium bisa mencapai Rp 5 juta rupiah.

3. Musang Biul

Musang Biul banyak diminati karena tergolong mudah dipelihara dan jinak. Ukurannya lebih kecil dibandingkan Musang Pandan dan Musang Rase. Keunikan dari jenis musang ini adalah memiliki warna putih memanjang dari kepala hingga ujung ekor. Musang Biul termasuk jenis musang yang aktif dan lucu dengan perilakunya sehingga sangat cocok dijadikan peliharaah. Pasaran harga Musang Biul di Indonesia berkisar Rp 400.000, bisa lebih mahal dari itu.

4. Musang Binturung

Bisa dibilang jenis musang ini yang paling besar daripada jenis-jenis musang lainnya. Ukuran badannya bisa mencapai 1 meter dengan bobot tubuh mencapai 20 kg. Musang berkumis ini memiliki kuku yang panjang dan jago memanjat pohon. Karena termasuk jenis musang yang langka dan sulit ditemukan, harga musang ini bisa mencapai Rp 7.000.000.

5. Musang Akar

Musang Akar juga menjadi jenis musang yang paling banyak dipelihara di Indonesia. Memiliki panjang tubuh 50-60 cm dengan berat sekitar 2-3 kg. Musang Akar khas dengan warna bulu coklat dan bagian kepalanya berwarna abu-abu. Musang Akar betina bisa melahirkan hingga 2 anak dalam setiap kelahirannya. Harga musang ini di pasaran Indonesia cukup terjangkau yakni Rp 500.000 – Rp 700.000.

Selain dari segi harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan, jenis-jenis musang tersebut mudah beradaptasi sehingga tidak sulit untuk dipelihara. Jika Anda tertarik untuk memelihara musang, beberapa jenis musang tersebut bisa menjadi pilihan Anda.

Gambar Musang

 

Incoming search terms:

  • harga musang 2018
  • Harga musang pandan 2018
  • harga musang
  • harga musang rase 2018
  • harga musang rase
  • harga musang biul
  • https://rujukanharga com/harga-musang/
  • Harga musang akar 2018
  • harga musang pandan
  • Harga musa
Harga Musang Terbaru Oktober – November 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *